Selasa, Agustus 10, 2010

Persaudaraan dan Persahabatan

Ukhuwah/persaudaraan adl karunia Ilahi yg dituangkan Allah dalam hati hamba-hambaNya yang ikhlas dan bertakwa. Ukhuwah terjalin karena perasaan cinta yang dilandasi iman dan takwa. Sekalipun ada cinta, jika tak ada dasar iman dan takwa, persaudaraan sulit terwujud dan lebih banyak kemungkinan unk saling bertolak belakang. Karena dilandasi iman dan taqwa, makanya baginda rasulullah bersabda fimaa ma'na :

"Sesama muslim itu bersaudara, apabila merasa sakit yang satu, yang lainpun ikut merasakannya"

persaudaraan sebenarnya beda2 tipis dengan persahabatan karena keduanya mengajarkan rasa kekeluargaan...terus timbul pertanyaan bagaimana jika bersahabat dengan "noni"???
bagi aku sih ok..ok aja selagi agamamu adalah agamamu dan agamaku adalah agamaku...bukan..temanku adalah temanku dan temanmu adalah temanmu....

tak ada yang salah berteman dengan non muslim asal tidak terpengaruh..bahkan akan lebih baik bila kita bisa mempengaruhi tapi tidak memaksa...karena islam tidak mengajarkan pemaksaan agama..sipp

tapi ada satu ayat misalnya pd surah Ali Imran:108....Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu  mereka tidak henti-hentinya  kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat, jika kamu memahaminya.

saya pernah baca tafsirnya di internet hasil tafsir al-Mishbah, larangan yg terdapat pada surah ini yaitu mengambil mereka sebagai "bithanah", dimana bithanah ini sendiri seakar dengan kata "bathin", jadi kurang lebih maksudnya "yang mengetahui isi hati (tempat curhat) qt, apalagi klo sampai jadi yang selalu dihati wah .G.W.T (gawat) 

Dinding ukhuwah maupun persahabatan bisa runtuh manakala kita hanya menuntut kesempurnaan, kebaikan dari saudara atau sahabat kita, tanpa mau mengerti keadaan saudara kita itu. Jadi intinya, dalam berukhuwah, kedua belah pihak harus memaklumi dan memahami kekurangan masing-masing. Contoh kasus, ada yang merasa kecewa kepada seorang teman karena kecuekannya. Padahal karakter orang tersebut memang demikian, cuek. untuk itu "jadikan kekurangan sahabat sebagai keunikannya". 

Puisi Buat Sahabat

mata ini semakin berat
menahan beratnya bebannya hidup
terjungkal ku dalam hidup ku yg tandus tanpa air cinta
semakin tak berwarna perjalan hidup ku
jangan kan pohon hijau..
rumputpun tlah enggan tumbuh dlm hatiku

tapi..
di tengah pasrah ku..
di ujung pikir ku
sbuah tangan terjulur padaku
sbuah senyuman menerpa wajah ku

bukan tangan seorang gadis cantik
bukan juga senyuman manis dr seorang wanita

tapi tangan yg bgtu tulus
senyuman yg begitu mempesona akan keikhlasannya

hadir dan mewarnai hidupku
tertawa dan sedih bersama ku
saling melengkapi dalam sesaknya hidup

sahabat..
engkau bagian terpenting dalam hidup ku
bgtu banyak teman yg ku miliki
namun ku tetap merasa sepi
tapi
hanya dengan dirimu seorang..
kau mampu membuat hidup ku bgtu bahagia..

thanks for u..
sahabat ku..
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar